Rabu, 11 Juni 2014

BlockBuster Movie's

Blockbuster, sebagaimana diterapkan pada film, teater, dan kadang-kadang juga video game, menunjukkan produksi yang sangat populer atau sukses. Penggunaan industri hiburan adalah gaul awalnya teater mengacu pada sebuah drama yang sangat sukses, tetapi sekarang digunakan oleh industri film dan industri farmasi dan lain-lain. Istilah "blockbuster" dalam film umumnya berbicara dengan ukuran baik narasi dan skala produksi. Di sisi lain, sebuah "blockbuster" obat umumnya menyiratkan obat terapeutik berhasil dipasarkan.

 BlockBuster Films

Sebelum Jaws mencetak rekor box office pada musim panas 1975, film sukses, seperti Quo Vadis, The Ten Commandments, Gone With the Wind, dan Ben-Hur, yang disebut blockbuster murni didasarkan pada jumlah uang yang diperoleh di box office. Jaws dianggap sebagai film pertama dari "era blockbuster" New Hollywood dengan makna saat ini, menyiratkan genre film. Hal ini juga konsolidasi "summer blockbuster" tren, di mana studio film utama dan distributor direncanakan seluruh strategi pemasaran tahunan mereka di sekitar rilis besar dengan 4 Juli.Jaws melebihi $ 100.000.000 dalam penjualan tiket dan untuk sementara waktu ini adalah titik di mana film dapat ditetapkan sebagai blockbuster di Amerika Utara. Namun film-film sebelumnya seperti Gone With the Wind (1939) dan The Sound of Music (1965) dengan mudah melewati batas ini.Setelah sukses dengan Jaws, banyak produser Hollywood berusaha untuk menciptakan sejenis "acara film" dengan daya tarik komersial yang luas. Perusahaan film mulai pencahayaan film semakin tinggi dianggarkan hijau dan mengandalkan luas pada blitzes iklan besar-besaran menjelang rilis teater mereka.Meskipun istilah "blockbuster" awalnya didefinisikan oleh respon penonton, setelah beberapa saat istilah datang untuk berarti produksi yang tinggi-anggaran yang ditujukan untuk pasar massal, dengan merchandise yang berhubungan, di mana nasib keuangan film studio atau distributor tergantung. Hal ini didefinisikan oleh upaya anggaran produksi dan pemasaran daripada keberhasilan dan popularitas, dan pada dasarnya merupakan tag yang pemasaran film memberinya sendiri. Dengan cara ini menjadi mungkin untuk mengacu pada film-film seperti Hollywood Godzilla (1998) atau terakhir Aksi Pahlawan baik sebagai blockbuster dan bencana box-office.Akhirnya, fokus pada penciptaan blockbuster tumbuh begitu kuat bahwa serangan balasan terjadi, dengan kritikus dan beberapa pembuat film mengutuk prevalensi "mentalitas blockbuster" dan meratapi kematian penulis-driven, "lebih artistik" film skala kecil era New Hollywood. Pandangan ini diambil, misalnya, oleh film jurnalis Peter Biskind, yang menulis bahwa semua studio inginkan adalah Jaws lain, dan sebagai biaya produksi naik, mereka kurang bersedia untuk mengambil risiko dan blockbuster karena itu didasarkan pada "Common terendah penyebut" dari [10] pasar massal. Sebuah pandangan yang berlawanan diambil oleh kritikus film Tom Shone, yang menganggap bahwa Lucas dan reinvention Spielberg blockbuster sebagai cepat hiburan kebangkitan industri film AS dan layak pengakuan artistik dan kritis yang lebih besar.Dalam sebuah buku yang ditulis oleh Chris Anderson yang berjudul The Long Tail, ia menyebutkan berbagai kemungkinan film blockbuster dibawa ke Hollywood dan banyak pasar tambahan yang diikuti. Dia bahkan menyatakan bahwa masyarakat yang terkena digerakkan, dan membuat jalan dan ruang untuk hanya film-film yang diharapkan menjadi hit, sebenarnya masyarakat terbatas. [12] Anderson catatan dalam The Long Tail contoh dunia yang tumbuh subur pada itu adalah dunia kelangkaan. Sebagai transisi dari distribusi online membuat jalan, apa yang terlihat jelas adalah bahwa kita sekarang memasuki dunia kelimpahan, dan bukan dari kemungkinan terbatas. Seiring berjalannya waktu, dan orang-orang menjadi lebih nyaman dengan itu, perubahan yang mengejutkan. Dia juga berbicara tentang masyarakat dan bagaimana suara masyarakat yang mendengarkan. Jika film hit blockbuster, mungkin hanya tampak seperti itu kepada orang-orang yang melakukan perjalanan untuk menghabiskan uang mereka di atasnya. Bagi individu yang tidak, suara mereka agak diam. Dan ketika direksi akan duduk untuk membuat cetak biru film blockbuster lain, mereka akan diingat hanya review dari orang-orang yang menonton film tersebut, bukan keseluruhan kolektif.

 Hit anggaran rendah
 Ketika sebuah film yang dibuat pada anggaran yang rendah sangat sukses atau melebihi harapan dari film-film dalam genre, maka film yang merupakan blockbuster juga, dalam arti asli dari kata tersebut. Film tersebut mungkin tidak menerima gelar "blockbuster" dalam arti saat ini kata tetapi diberi label "hits" atau "tidur".

 Pengembalian investasi 

Tuntutan keuangan pemasaran secara luas dan mendistribusikan film blockbuster yang sedemikian rupa sehingga harus mendapatkan jauh lebih dari anggaran produksinya untuk menghasilkan keuntungan. Hal ini telah menyebabkan fenomena dimana film blockbuster seperti Superman Returns (2006), The Last Airbender (2010), dan Battleship (2012) telah dianggap sebagai kegagalan meski terlaris lebih dari $ 300 juta di seluruh dunia. Akibatnya beberapa produser film telah berpaling ke mendistribusikan kecil tapi menjanjikan, anggaran rendah film dengan harapan memanfaatkan konsumsi film pasar modern. Istilah "sleeper hit" mungkin tidak selalu berlaku untuk film-film yang mengambil dalam penjualan kotor besar, namun film yang menghasilkan keuntungan yang ekstrim berdasarkan investasi. Sejumlah film telah diproduksi di anggaran yang sangat rendah yang memiliki penjualan tiket secara proporsional tinggi, menghasilkan hasil yang sangat tinggi atas investasi untuk studio masing-masing.Contoh ini adalah 2004 film dokumenter persetan, yang anggaran ditimbang di $ 218 dan penjualan tiket yang mencapai $ 1.160.000, margin keuntungan dari 266,416.97%. Sebuah contoh yang lebih terkenal adalah 2009 film thriller Paranormal Activity, yang beroperasi dengan anggaran sebesar $ 15.000 dan mengambil di lebih dari $ 196.000.000 dalam penjualan tiket di seluruh dunia. Anggaran rendah-tinggi-gross film lainnya termasuk The Blair Witch Project, American Graffiti, dan Napoleon Dynamite.

IBU

Hampir satu jam aku menunggu disini, tapi tidak ada satupun angkot yang lewat. Hari sudah mulai gelap, aku harus segera pulang. Akhirnya aku pulang jalan kaki karena tidak ada angkot. Sesampai di rumah, ayah memarahiku karena aku pulang terlambat. Belum sempat aku ganti baju ayah menyuruhku membuatkan kopi untuknya. Setelah kubuatkan kopi, ayah memintaku memijatnya.


“aku ganti baju dulu ya Yah.” Kataku pelan.

“pijitin ayah dulu.” Bentak ayah.

“tapi..”

“ga usah tapi-tapian.” Kata ayah. Aku pun memijitnya.

Itulah Ayahku, apapun yang kulakukan selalu salah dimatanya. Namaku Ara, siswi sebuah sekolah kejuruan di kotaku. Ayahku hanya seorang sopir taksi. Aku bisa bersekolah di sekolahku sekarang karena mendapat beasiswa. Sejak kecil aku tinggal dengan ayahku. Ibu dan ayahku berpisah karena ibu sudah tidak tahan dengan sikap ayah. Aku ikut ayah, sedangkan kakak laki-lakiku ikut ibu. Aku tidak pernah dipertemukan dengan ibu bahkan aku sudah lupa wajah ibu seperti apa. Aku ingin sekali bertemu dengan orang yang sudah melahirkan aku.

***
Pagi ini, seperti biasa aku menunggu angkot di depan gang rumahku.

“Ara” seseorang menyapaku.

“iya.” Jawabku.

“mau berangkat sekolah ya?” tanyanya.

“iya. Maaf kamu siapa ya?” tanyaku

“oh iya, kenalin aku Dika. Aku satu sekolah sama kamu kok. Kita berangkat bareng yuk!” jawabnya.

“ga usah deh, aku naik angkot aja.” Jawabku. Dia terus memaksaku sampai akhirnya aku bilang iya. Kami berangkat ke sekolah bersama. Kami berpisah di depan kelasku.

“Ara berangkat sama siapa?” tanya Beta, teman sebangkuku.

“namanya Dika. Aku juga ga tau dia siapa.” Jawabku.

“ Dia itu kakak kelas kita, Ara” kata Beta.

“masa sih. Aku kok ga pernah liat?” tanya ku

“ya iyalah kamu ga pernah liat, kamunya jarang keluar kelas.” Jawab Beta.

“udah deh ga usah di bahas.” Kataku.

Sejak saat itu aku dan Dika sering berangkat dan pulang sekolah bersama.kami juga sering makan bareng di kantin.

***
Ada guru matematika baru di sekolahku dan beliau mengajar di kelasku. Namanya Bu Ratna. Bu Ratna meminta kami mengerjakan soal-soal yang sudah ia tulis di papan tulis. Dengan mudah aku menyelesaikan soal-soal itu. Aku memang tergolong siswa pintar di sekolah. Bu Ratna meminta beberapa anak mengerjakan soal di depan. Aku mengerjakan soal nomor satu.

“pekerjaan kamu bagus, siapa nama kamu?” kata Bu Ratna.

“nama saya Ara bu.” Jawabku. Bu Ratna kaget mendengar aku menyebutkan nama.

Bel tanda pelajaran usai berbunyi. Bu Ratna memanggilku.

“Ara, nama lengkap kamu siapa?” tanya Bu Ratna.

“Syifa Azahra. Memangnya kenapa bu?”

“nama kamu bagus. Begini Ara, minggu depan ada lomba matematika. Ibu pengen kamu ikut lomba itu. Tapi bukan mewakili sekolah.”

“pribadi gitu bu?” tanyaku.

“iya. Gimana kamu mau kan?” tanya Bu Ratna lagi.

“saya pikir-pikir dulu ya Bu.” Jawabku.

***
“yah, aku mau ikut lomba matematika boleh ga?” tanyaku saat kami nonton tv.

“ga boleh.” Jawab ayah singkat.

“tapi aku pengen ikut Yah.”

“kamu boleh ikut lomba apa aja asal jangan matematika.” Kata ayah.

“kenapa sih Ayah selalu ngelarang aku ikut lomba matematika?” tanyaku.

“pokoknya ga boleh.” Kata Ayah tegas.

Ayah selalu melarang aku ikut kegiatan yang ada hubungannya dengan matematika. Setiap aku tanya kenapa, Ayah selalu marah.

***
Setiap hari minggu, aku membantu Paman dan Bibi berjualaan di pasar seperti yang aku lakukan saat ini. Hari ini aku hanya berdua dengan Bibi karena Paman sedang pergi dengan Ayah. Aku memanfaatkan situasi ini untuk bertanya tentang ibuku. Kata Bibi, ibuku orang yang baik, cantik, dan pintar. Ibuku seorang guru matematika. Bibi juga bilang nama ibuku Ratna. Saat Bibi akan menunjukan foto ibuku Paman datang dan Bibi mengurungkan niatnya.

“kalau cape kamu pulang dulu aja Ra.” Kata Paman.

“Ara ngga cape kok.” Jawabku.

“tadi Ayahmu beli sepatu buat kamu.” Kata Paman.

“beneran Paman?” tanyaku tak percaya.

“memangnya paman kelihatan bercanda?”

“ngga sih. Ara ga percaya aja. Padahal baru tadi malem Ara bilang ke Ayah kalau sepatu Ara sudah sempit.” Kataku.

“kalau masih ga percaya kamu pulang aja!” kata Paman.

Aku pulang,karena hari itu di pasar tidak terlalu ramai. Di depan rumahku terparkir sebuah motor, aku mengenali motor itu. Itu motor Dika. Aku bertanya-tanya ngapain dia kesini, ada perlu apa, lalu dia tahu rumahku dari siapa.

Saat aku masuk ke dalam rumah kulihat ada Ayah, Bu Ratna dan Dika.

“Bu Ratna sama Dika ngapain disini?“ tanyaku. Tidak ada jawaban dari mereka.

“Yah, tamunya kok ga dibikinin minum sih?”tanyaku lagi.

“mereka Cuma orang salah alamat kok Ra. Ara masuk aja ya!” jawab Ayah. Aku menuruti perintah Ayah.

“Ara.” Panggil Bu Ratna. Aku berhenti dan melihat ke arah Bu Ratna. Air mata Bu Ratna membasahi pipinya. Aku semakin bingung dengan semua ini.

“Ara jangan masuk sayang.”kata Bu Ratna. Bu Ratna memelukku erat sambil menangis.

“Ara ini ibu” kata Bu Ratna. Kepalaku terasa berat dan semua menjadi gelap. Aku pingsan cukup lama. Saat sadar kulihat Ayah, Bu Ratna yang mengaku ibuku dan Dika di samping ranjangku. Bu Ratna masih dengan air mata yang mengalir dan Ayah dengan diamnya. Kulihat Paman dan Bibi masuk ke kamarku dan berdiri disamping Ayah. Bibi memberikan Foto yang aku tidak tahu itu foto siapa. Lalu Bibi berkata bahwa itu fotoku bersama kakak dan ibuku. Bibi juga menceritakan semua tentang keluarga kecilku dulu sebelum Ayah dan Ibu berpisah.

“Ibu” kataku lirih.

“iya sayang ini ibu dan ini kak Dika.” Kata ibu. Ibu kembali memelukku.

“sekarang Ara dan Dika sudah besar, mereka bebas memilih mau ikut siapa.” Kata Bibi.

“kalau Ara mau ikut Ibu, Ayah ga akan marahin Ara kok.” Kata Ayah.

“Ara mau tetep disini. Tapi Ara boleh kan ke rumah Ibu?”

“iya Ara” jawab Ayah.

“kalau Dika gimana? Ibu tahu kamu sama kagetnya dengan Ara, tapi ini kenyataan yang harus kalian terima. Ayah yang kamu impikan ada dihadapan kamu sekarang.” Kata Ibu

“Dika di tempat Ayah dulu ga papa kan Bu?” tanya Kak Dika.

“ga papa kok. Itu kan hak kamu.” Jawab Ibu. Kak Dika hanya tersenyum mendengar jawaban ibu.

“Ibu pulang dulu ya.” Kata Ibu.

“Ara ikut.” Kataku.

“Ara siap-siap dulu kalau mau ikut” kata Ayah. Hari ini Ayah menjadi sosok yang tidak kukenali. Ayah yang kukenal adalah Ayah yang sering memarahi dan membentak aku, tapi hari ini Ayah baik dan lembut.

Mereka menunggu aku bersiap-siap. Setelah siap aku keluar dari kamar dan menghampiri mereka. Aku membawa seragam sekolah, beberapa baju dan buku pelajaran.

“Ara udah siap.” Kataku.

“biar aku yang jaga rumahnya Mas.” Kata Paman. Ayah mengantarku ke rumah Ibu. Kak Dika mengambil seragam sekolah, beberapa baju dan buku pelajarannya. Ayah dan Kak Dika kembali ke rumah Ayah.

Aku sangat bahagia karena kembali bertemu dengan orang yang melahirkanku. Hari-hariku lebih berwarna karena sekarang aku bisa merasakan kasih sayang seorang Ibu, Ayah tidak lagi sering memarahiku dan aku bertemu dengan Kak Dika. Tidak hanya itu, aku sekarang bebas mengikuti kegiatan yang aku inginkan. Aku akan berjuang untuk meraih impianku menjadi juara olimpiade matematika.